Oleh: ahmadkhoiruddin | Januari 29, 2010

Hukum Darah


PEMBAHASAN TENTANG DARAH

Pertanyaan : Najiskah darah ataukah suci…?

Pertama : Darah yang keluar dari hewan najis, maka itu najis, baik darah itu banyak mau pun sedikit, Contohnya darah yang keluar dari babi atau anjing. Maka darahnya merupakan najis sedikit maupun banyak tanpa dirinci lagi. Baik darahnya keluar saat binatang itu hidup maupun mati.

Kedua : Darah yang keluar dari hewan yang suci saat masih hidup, najis setelah hewan itu mati. Apabila saat masih hidup darah hewan itu najis, namun dimaafkan jika darah itu sadikit. Contohnya, kambing, dan Onta saat masih hidup hewan itu suci, najis setelah hewan itu mati. Dalil kenajisannya setelah hewan itu mati adalah firman Allah SWT :

قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا

Katakanlah : Tiada aku peroleh dalam wahyu yang di wahyukan kepadaku, sesuatu yang di haramkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi karena sesungguhnya semua itu kotor……(Al-An’am : 145)

Ketiga : Darah yang mengalir dari hewan yang masa hidup dan setelah matinya suci, maka darahnya suci. Dikecualikan darinya darah manusia menurut mayoritas ulama’. Karena darah manusia itu darah yang keluar dari sesuatu yang suci saat hidup dan suci juga setelah matinya. Meski demikian, menurut jumhur ulama’ darahnya najis, namun jika darah itu sedikit, maka hal tersebut dimaafkan.

Keempat : darah yang keluar dari dubur dan kemaluan. Darah tersebut najis. Dan tetap najis walaupun darah itu sedikit.karena saat seorang wanita bertanya tentang darah “haidh” yang mengenai pakaaian, nabi menyuruh agar menyucinya tanpa merinci tentang darah tersebut.

(  Fatwa Syaikh Ibnu ‘Utsamin No 149 , Bab Pembatal Wudhu, jilid 11, hal ; 142 )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: